Hai Rian, Apa Rasanya Ditangkap Tim Buser Naga?

Minggu, 07 Juli 2024 21:35 WIB | 67 kali
Hai Rian, Apa Rasanya Ditangkap Tim Buser Naga?

Satu persatu pelaku kejahatan yang kerap membuat resah warga Kota Pangkalpinang diciduk Tim Buser Naga Polresta Pangkalpinang.

PANGKALPINANG, MARKICA - Kali ini Andrian alias Rian (32) warga Kelurahan Sungai Selan, Kabupaten Bangka Tengah harus merasakan berurusan dengan Buser Naga.

Pria pengangguran ini diciduk usai mencuri di sebuah rumah di kawasan Air Mangkok RT 01, Kecamatan Bukit Intan, pada Rabu (3/7/2024) sekitar pukul 15.00 WIB

"Peristiwa ini dilaporkan oleh pelapor pada 5 Juli 2024 kemarin, usai menerima laporan Buser Naga langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP) melakukan lidik dan menghimpun informasi," kata Kasatreskrim Polresta Pangkalpinang AKP Riza, Sabtu (6/7/2024)

Tindak pidana pencurian ini berawal saat pelaku dan rekan pelaku berinisial DY (DPO), melancarkan aksi pencurian dengan cara mencongkel pintu rumah pelapor Lo Dis Ga.

Setelah berhasil masuk ke rumah korban, pelaku lalu mengambil uang sebesar Rp 6,7 juta yang berada di kamar korban dan disimpan di lemari pakaian korban.

Tidak sampai di situ, barang barang berharga milik korban juga dicuri seperti speaker aktif, tabung gas, sepatu, serta enam buah pisau adat .

"Akibat peristiwa pencurian ini korban mengalami kerugian Rp 16.775.000," ungkap Kasatreskrim.

Kronologis ungkap perkara

Usai mengumpulkan informasi di lapangan, Tim Buser Naga yang dipimpin Aiptu Rudi Kiai dibantu anggota Polsek Bukit Intan melakukan pengejaran terhadap pelaku yang telah dikantongi identitasnya ini.

"Tim menerima informasi bahwa keberadaan pelaku di sekitar wilayah Bacang, pada 5 Juli sekitar pukul 21.00 WIB," lanjut Kasatreskrim.

Setelah sampai di Bacang, anggota Buser Naga bertemu dengan dua laki laki yang hendak melarikan diri usai melihat anggota kepolisian.

"Dengan sigap satu pelaku yang melarikan diri berhasil ditangkap, satu pelaku berhasil melarikan diri dan saat ini DY masih dilakukan pengejaran," terangnya.

Dalam pengakuannya, Rian diajak oleh DY untuk melakukan aksi pencurian dengan cara mencongkel pintu rumah korban bagian belakang.

Sebelum beraksi kedua pelaku melintas di depan rumah korban menggunakan sepeda motor, melihat kondisi sepi mereka mengambil obeng untuk mencongkel pintu rumah korban.

Diakui oleh pelaku uang curian digunakan untuk keperluan sehari hari seperti mencukupi makan dan minum.

"Saya pengangguran, niat ke Pangkalpinang untuk cari kerja bangunan sekarang saya tidak punya kerjaan," jelas pelaku sambil tertunduk lesu.

Selain mengamankan pelaku, barang bukti yang berhasil diamankan di antaranya adalah:

  • 1 unit speaker merk Edvance digital warna hitam.
  • 1 pasang sepatu warna putih.
  • 1 buah tas sandang berwarna hitam.
  • 5 bilah pisau adat dengan gagang besi warna gold.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga

"Tumbal" Tambang Tembelok Itu Omong Kosong
Rabu, 09 Oktober 2024 12:23 WIB
Ada Mafia Tanah di Bekas Koba Tin?
Jum'at, 20 September 2024 17:57 WIB
Jessica Wongso Bebas!
Minggu, 18 Agustus 2024 03:27 WIB