KPU Babel Khawatir Surat Suara di Pulau-pulau

Kamis, 08 Februari 2024 21:03 WIB | 43 kali
KPU Babel Khawatir Surat Suara di Pulau-pulau

Ilustrasi distribusi surat suara/foto: net

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam pendistribusian logistik Pemilu 2024, untuk mengupayakan kabupaten yang memiliki tempat pemungutan suara (TPS) di pulau-pulau terjauh pada H-3.

"Di Babel ini ada empat kabupaten yakni Belitung, Belitung Timur (Beltim), Bangka Tengah (Bateng) dan Bangka Selatan (Basel) yang memiliki TPS di pulau," kata Ketua KPU Babel, Husin, Kamis (8/2/2024).

"Sedikitnya ada 70 unit TPS yang ada di 13 kelurahan/desa tersebar di empat kabupaten tersebut, sehingga H-3 itu kami minta KPU kabupaten dapat melakukan pendistribusian logistik," ujarnya. 

Husin melanjutkan terkait untuk di wilayah daratan, pendistribusian akan dilakukan pada H-2 dengan alur pendistribusian dari KPU kabupaten ke kecamatan, kemudian pada H-1 dari kecamatan didiskusikan ke tingkat kelurahan/desa. 

Namun, pendistribusian ini secara administratif sebab hampir di semua kecamatan atau kelurahan/desa tidak memiliki gudang untuk penyimpanan logistik tersebut. 

"Hal ini mengingat, di setiap kabupaten itu kecamatan ke kelurahan/desa lumayan jauh, tidak semuanya sama, terkecuali di Kota Pangkalpinang yang semuanya berjarak dekat," kata Husin. 

"Sehingga pada H-1 itu logistik sudah tiba di kelurahan/desa," paparnya. 

Lalu, dengan permintaan dari Bawaslu Babel supaya pendistribusian dilakukan pada dini hari saat hari pencoblosan, menurut Husin hal itu sudah dikoordinasikan dengan petugas pengamanan dari kepolisian dan TNI.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB