Sudah Saatnya Pj Gubernur Babel Tegas ke Anak Buah

Kamis, 29 Februari 2024 11:04 WIB | 152 kali
Sudah Saatnya Pj Gubernur Babel Tegas ke Anak Buah

Dr. Safrizal ZA, MS.i, Penjabat Gubernur Bangka Belitung/foto: net

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr Safrizal ZA, MS.i nampaknya harus lebih tegas lagi kepada jajarannya. Sudah saatnya ia bertindak selaku pimpinan yang punya harga diri.

Karena, ternyata sampai hari ini, perintah dia kepada jajarannya untuk segera memproses pencairan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) untuk para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Babel, masih jauh panggang dari api. Padahal, ribuan ASN sudah dibuat kesal. Terlebih, di Pemkot Pangkalpinang, TPP ASN mereka sudah lama cair. Bahkan sebelum Pemilu.

Dan Safrizal berulangkali meminta jajarannya segera menyelesaikan hak ribuan ASN tersebut. Tapi perintahnya tak digubris. Tetap saja jajarannya lambat. Terutama di leading sector seperti Badan Keuangan Daerah (Bakuda) dan Biro Organisasi.

Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rudi saat dikonfirmasi oleh kontributor marikitabaca.id kemarin (Rabu, 28/2/2024), lewat pesan WhatsApp, hanya menjawab singkat.

Dia belum bisa menjawab tegas permintaan Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Drs. Safrizal soal nasib pencairan TPP itu.

"Was. Biro Organisasi, sedang validasi di Ortala Kemendagri" begitu jawaban Rudi. Jawaban itu nyaris sama dengan yang sebelumnya. Bahkan ia tak menjawab lagi saat diminta ketegasan tentang perkiraan pencairan TPP.

Beberapa waktu lalu, tepatnya hari Kamis (23/2/2024) via pesan WhatsApp, marikitabaca.id berhasil menghubungi Kepala Biro Organisasi (Ka. Biro) Pemprov Babel, Ellyana. Namun sayangnya ia tidak bisa menjawab dengan tegas saat ditanya kontributor marikitabaca.id, 

Saat ditanya terkait SK besaran TPP dari Biro Organisasi yang belum selesai, Ellyana menjawab;

"Iya pak. Masih berproses," tulisnya.

Ditanya kembali prosesnya sudah sejauh mana, Ellyana menjawab, masih dilakukan proses penjabaran di Bakuda (Badan Keuangan Daerah). Selesai dari Bakuda akan ke Biro Organisasi untuk proses masuk aplikasi Kemendagri Simona.

"Biro Organisasi seluruh Indonesia akan rakor TPP hari Selasa di Jakarta," lanjutnya.

Lalu, kapan perkiraan TPP akan cair?

"Kami usahakan secepatnya pak," katanya.

Nah, disinggung soal adanya isu keterlambatan TPP Pemprov Babel karena ada salah satu dinas yang meminta TPP 'khusus', Ellyana tidak gamblang membantah atau mengiyakan.

"Tidak pak" jawab Ellyana.

Padahal, proses pembentukan Peraturan Gubernur (Pergub) guna melanjutkan proses pengajuan pencairan, kabarnya rampung dibahas dan disetujui Penjabat (Pj) Gubernur Babel. Dan Pj telah memerintahkan segera dilakukan pencairan. Namun sampai hari ini menurut Plt. Kepala Bakuda, proses masih di sekitaran Biro Organisasi 

Penulis: Vega A



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB