Bukit Pinteir Dibersihkan untuk Kepedulian

Minggu, 21 April 2024 20:29 WIB | 110 kali
Bukit Pinteir Dibersihkan untuk Kepedulian

BANGKA TENGAH, MARIKITABACA.ID - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung menggelar aksi hiking ke kawasan wisata alam Bukit Pintier, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalanbaru Bangka Tengah, dalam rangka peduli lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

Dalam kegiatan hiking tersebut seluruh manajemen bersama pegawai, dan Pokdarwis Bukit Pintier membersihkan sampah plastik serta bekas minuman di kawasan Bukit.

General Manager PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman mengatakan, kegiatan hiking peduli lingkungan ini sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan, dan menjaga keseimbangan hidup para pegawai yang kesehariannya selalu disibukkan dengan aktivitas menjaga keandalan pasokan listrik bagi pelanggan.

"Kegiatan lingkungan seperti ini adalah langkah positif untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan, selain membuat kita lebih sehat kita juga dapat berkontribusi untuk menjaga lingkungan sekitar kita," ujarnya Sabtu (20/4/2024).

Dalam menjaga kebersihan lingkungan, lanjut Munief, bukan hanya tanggungjawab perusahaan, perorangan ataupun kelompok, namun ini merupakan tanggungjawab kita bersama.

"Menjaga lingkungan ini sudah menjadi tanggungjawab kita semua, untuk itu mari kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar, semoga kelestrian alam terjaga dan lokasi wisata bukit pinteir ini menjadi destinasi wisata alam lokal yang banyak dikunjungi wisatawan", terangnya 

Masih kata Munief, kegiatan membersihkan lingkungan ini merupakan bentuk aktualisasi, pada rangkaian peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 April nanti. 

"Membersihkan lingkungan Bukit Pinteir juga merupakan bentuk realisasi komitmen PLN, terhadap kelestarian lingkungan khususnya di sekitar Pulau Bangka dan Belitung," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini PLN tidak hanya fokus dalam meningkatkan penjualan listrik, namun berkomitmen terus menjaga dan melestarikan lingkungan dalam setiap proses bisnisnya.

"Selain itu juga terus berupaya mengembangkan energi ramah lingkungan sebagai sumber pasokan listrik, untuk mendukung program pemerintah Net Zero Emission (NZE) 2060," tuturnya 

Sementara itu, salah seorang Pegawai PLN UIW Babel Raja Sitepu menambahkan, semangat kebersamaan dengan tujuan mulia yang dicerminkan dari kegiatan ini, merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Ini bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta alam, agar kita terus menjaga lingkungan khususnya di bukit pinteir ini, baik itu flora dan fauna yang menjadi kekayaan alam khas di Bangka Belitung," ujarnya 

Terpisah, pengurus Pokdarwis Bukit Pinteir Desta Pratama menyebutkan, bahwa kawasan wisata Bukit Pinteir ini merupakan kawasan hutan lindung yang didiami oleh berbagai satwa endemik, dan pepohonan khas Pulau Bangka

"Di Bukit ini bukan hanya pepohonan khas saja, namun juga ada satwa khas seperti Mentilen, Pelanduk, Teringgiling, dan Musang," ucapnya.

Masih kata Desta, Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada PLN UIW Babel, yang telah melakukan kegiatan positif ini, dan menurutnya apa yang dilakukan PLN sangat membantu melestarikan kawasan wisata hutan lindung Bukit Pinteir.

"Selain mengelola kelestarian hutan disini, Pokdarwis Bukit Pinteir membuka peluang UMKM  untuk bergabung dikawasan wisata, yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian lokal di daerah kawasan wisata ini”, kata Desta.

Penulis: Mahesa



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB