MariKitaBaca.Id - Informasi Bangka Belitung

UBB Serius Soal Zona Bebas Gratifikasi

pada Rabu, 22 Mei 2024 18:37 WIB

Universitas Bangka Belitung (UBB) berkomitmen dalam zona bebas gratifikasi dan mendorong pelayanan publik semakin baik khususnya kepada user yakni mahasiswa dan masyarakat/foto: Dion

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar acara pencanangan zona integritas di Balai Besar Peradaban gedung rektorat Rabu, (22/4/2024).

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Dikti Ali Akbar menerangkan kegiatan pencanangan hari ni adalah bentuk komitmen UBB untuk mendorong zona integritas. 

Diakuinya, UBB berkomitmen dalam zona bebas gratifikasi dan mendorong pelayanan publik semakin baik khususnya kepada user yakni mahasiswa dan masyarakat. 

"Target kita sebenarnya tiga fakultas yang bisa mencanangkan zona integritas. Tapi alhamdulillah di tahun ini kita mencanangkan enam fakultas jadi 100 persen kalau dari kementerian hanya 50 persen, tapi tahun ini kita mencanangkan 100 persen, untuk menjadi zona integritas itukan harus ada prosedur penilaian," ungkap Ali Akbar.

Ia juga mengatakan, bagaimana membangun iklim dan integritas itu ke sistim dan mekanisme. Yang memang berintegritas sedangkan zona integritas itu hanya bonus. Yang paling penting terus berbenah memberikan kepada masyarakat yang terbaik.
 
"Yang diinginkan sekali yaitu wilayah bebas korupsi (WBK). Kalau di perguruan tinggi sebagian besar menyangkut bebas gratifikasi, serta memperbaiki tata kelola dan birokrasi bersih dan melayani," katanya.

Sementara rektor UBB  Ibrahim menyampaikan, kegiatan pencanangan ini adalah untuk mengurangi praktik korupsi, kolusi, nepotisme (KKN). Memperbaiki tata kelola untuk meningkatkan kinerja dari UBB itu sendiri. 

Seperti diketahui UBB saat ini, sudah menjadi perguruan tinggi bantuan layanan umum (BLU). Tentu saja harapan kita adalah UBB menjadi lebih profesional lagi sehingga tata kelola menjadi lebih bagus dan bisa meningkatkan kepuasan kepada masyarakat. 

"Tentu saja target harapan kita menjadi perguruan tinggi yang berbadan hukum. Kalau untuk sasaran yang menjadi target kita menjadi zona integritas untuk mendapatkan predikat Wilayah bebas korupsi (WBK)," paparnya.

Untuk menuju wilayah bebas korupsi itu tahapannya, sangat panjang sekali, setelah dilakukan pemunculan integritas dan dievaluasi tim penilaian internal Inspektorat Jenderal yang nanti akan dievaluasi.

"Setelah dievaluasi tim penilaian internal Inspektorat Jenderal nanti dievaluasi tim penilaian nasional Kemenpan Reformasi Birokrasi (RB) kalau sudah dianggap layak mendapatkan gelar wilayah bebas korupsi," pungkasnya.

Penulis: Dion