SBC Selindung Juara PSL 2024 tanpa Terkalahkan

Minggu, 15 September 2024 12:03 WIB | 534 kali
SBC Selindung Juara PSL 2024 tanpa Terkalahkan

SBC Selindung FC Pangkalpinang menjadi juara edisi perdana Persipas Super League (PSL) 2024. Setelah mereka di pekan terakhir memastikan diri meraih 3 poin dengan mengalahkan Lensara FC Semabung, 2-0. 

PANGKALPINANG, MARKICA - Dan menariknya, juara liga ditentukan hingga pekan terakhir. Yakni di pekan ke sembilan.

SBC Selindung menjadi yang terbaik setelah mengumpulkan 25 poin hasil dari delapan kemenangan dan sekali seri, yang mana Persipas Super League digelar dalam format round robin/setengah kompetisi (setiap peserta bertemu dengan semua peserta lainnya satu kali).

SBC Selindung memastikan diri sebagai kampiun PSL di pekan ke sembilan, Sabtu (14/9/2024). Setelah selama delapan pekan mereka ditempel ketat Crocodile FC Gabek, yang akhirnya harus puas berada di tempat kedua.

Dengan kata lain, SBC Selindung memang pantas menjadi juara. Sejak pekan pertama mereka terus mendominasi papan atas klasemen. Namun perjuangan tim besutan Amirullah itu juga tak terlepas dari impresifnya penampilan tim Crocodile FC yang terus membuntuti. Yang memaksa "tetangga" ini bersaing sampai pekan terakhir. 

SBC dan Crocodile sejatinya hanya terpisah 2 poin. Kekuatan kedua tim ini relatif berimbang. Itu dibuktikan saat bertemu di pekan ke empat, mereka bermain imbang 0-0. 

Sementara tempat ketiga ditempati oleh Persipal FC Pancur. Setelah di pertandingan pekan terakhir mengalahkan Kerabut FC Jerambah Gantung, 3-1. Sekaligus menyalip Lensara yang menderita kekalahan oleh SBC dan harus menerima posisinya digeser Persipal di pekan terakhir.

Sekadar informasi, sebanyak 5 pertandingan di pekan terakhir dihelat di Stadion Depati Amir Pangkalpinang. Di mana sebelumnya dari pekan pertama hingga pekan ke delapan, semua pertandingan dilaksanakan di Lapangan Aroma Parit Lalang.

PSL adalah Bentuk Kecintaan kepada Persipas

Persipas Super League edisi perdana digelar sebagai bentuk kepedulian kepengurusan Persipas yang sekarang diisi darah-darah muda, yang mana mereka prihatin atas prestasi Persipas menurun dari tahun ke tahun.

Maka, dengan bermodalkan semangat dan kepercayaan seluruh peserta PSL 2024, liga perdana ini berhasil digelar hingga selesai dengan beragam kisahnya, drama ala sepakbola, gesekan di dalam lapangan hingga dinamika di luar lapangan.

Ketua Umum Persipas Pangkalpinang, Gunawan didampingi Ketua Pelaksana PSL 2024, Ulfriza mengatakan, PSL adalah wujud kecintaan para pengurus Persipas kepada tim kebanggaan Kota Pangkalpinang. Walau tertatih-tatih dan banyak kekurangan di sana-sini selama penyelenggaraan, namun PSL 2024 mampu diselesaikan.

"Para pengurus meminta maaf kepada seluruh peserta PSL dan masyarakat, jika dalam penyelenggaraan edisi perdana ini banyak kekurangan. Kami bersiap menerima kritik, masukan dan dukungan. Karena tujuan kami adalah untuk membentuk tim Persipas yang kuat di masa depan melalui liga yang konstan kami gelar. Selamat kepada juara PSL edisi perdana, SBC Selindung, dan untuk yang lain, silakan berbenah untuk menyambut PSL musim depan," kata Gunawan.

Pemain PSL adalah Cikal Bakal Skuad Persipas

Sementara itu Ketua Penyelenggara PSL 2024, Ulfriza memastikan, bahwa tujuan PSL adalah untuk membentuk tim Persipas yang akan mengikuti kompetisi resmi PSSI. Dan, dari liga yang bergulir sembilan pekan, PSL juga melibatkan beberapa talent scout, yang telah menyelesaikan tugasnya membuat daftar pemain dan dipanggil untuk seleksi Soeratin U-17 dan Liga 3.

"Kami telah membuat daftar panjang pemain terbaik. Pemain-pemain tersebut kami ambil dari seluruh tim, yang nanti akan dikerucutkan menjadi satu tim Liga 3 PSSI. Sementara untuk U-17, kami akan membuka seleksi terbuka, pemain jebolan PSL akan digabung dengan hasil seleksi terbuka, yang nanti juga dikerucutkan menjadi satu tim Persipas," terang Ulfriza, yang juga Ketua Harian Persipas.

Sekadar informasi, musim depan PSL 2025 kemungkinan mendapat tambahan dua peserta baru. Sehingga akan ada 12 tim untuk PSL 2025. "Nama kedua tim itu belum kami umumkan. Kami mau melihat kesiapan mereka dahulu. (Lolos tidaknya) Tergantung kesiapan mereka. Karena sekali ikut, tidak boleh mundur," tegas Ulfriza.

Dan untuk diketahui juga, Persipas dalam tehnical book mengeluarkan regulasi PSL, bahwa setiap tim harus menurunkan pemain muda (U-23) ditambah slot 5 pemain senior. Itu adalah wujud pembinaan dan memberikan kesempatan pemain muda untuk berkompetisi. 

Karena selama ini para pemain muda kesulitan menembus tim senior yang berakibat jam terbang mereka sedikit. Namun, dengan adanya PSL, mulai terlihat wajah pemain-pemain muda usia yang diharapkan menjadi tulang punggung klub (home ground) dan Persipas di masa depan.

"Terima kasih kepada semua tim peserta. Karena seluruh tim berkomitmen menyelesaikan liga. Tidak ada yang mundur. Kami respect kepada seluruh tim. Karena keinginan kita sama, semua untuk Persipas menjadi kuat kembali. Juga kepada para sponsor. Dan tak lupa terima kasih saya kepada semua panitia yang tak kenal lelah, berkorban waktu dan tenaga, tahan banting selama liga berlangsung. Insyaallah musim depan PSL akan digelar oleh badan liga," tandas mantan pemain Persipas ini.

Berikut rekap PSL 2024:

Tim:
• SBC, Selindung
• Crocodile, Gabek
• Persipal, Pancur
• Lensara, Semabung
• Gaspa, Pangkalbalam
• Sinar Harapan, Gabek
• Porbin, Bukit Merapin
• Kerabut, Jerambah Gantung
• Parla, Parit Lalang
• GPK, Tua Tunu

Juara: SBC Selindung
Runner up: Crocodile Gabek
Ketiga: Persipal Pancur

Top skor: Isnan (Persipal) 14 gol
Pemain muda terbaik: Fariz Azzam Ramdhani (Lensara)
Kiper terbaik: Nurfasial Athalah (SBC)

Gol tercipta: 116 gol (hingga hari Sabtu, saat artikel ini naik pertandingan hari Minggu belum dimainkan)

Sumber: Release Media Officer PSL 2024



Yuk Bagikan :

Baca Juga