MariKitaBaca.Id - Informasi Bangka Belitung

Presiden FIFA Tolak Mentah-Mentah Inisiasi Kartu Biru

pada Sabtu, 02 Maret 2024 19:01 WIB

FIFA akan membahas usulan kartu biru di rapat tahunan FIFA dan IFAB. Foto: net

MARIKITABACA.ID Presiden FIFA Gianni Infantino secara tegas menolak rencana Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB, yang ingin mengenalkan aturan baru, yakni pemberlakuan kartu biru.

"Tidak akan ada kartu biru yang digunakan di kompetisi tingkat elit, Ini adalah topik yang tidak ada bagi kami. FIFA sangat menentang kartu biru. Saya tidak mengetahui proposal ini dan saya pikir FIFA mempunyai suara di IFAB," kata Infantino dikutip dari reporter sepak bola Dan Sheldon, Sabtu (2/3/2024).

Namun demikian, Infantino memastikan FIFA akan merespons usulan tersebut dalam pembahasan rapat tahunan dengan IFAB pada Sabtu mendatang guna membahas persoalan lebih lanjut. Selain itu, diakui Infantino, ada juga pembahasan ide pemberian lemparan ke dalam untuk lawan jika seorang kiper dengan sengaja mengulur-ulur waktu.

“Kami harus serius. Kami selalu terbuka untuk melihat ide dan proposal. Tentu saja semuanya harus diperlakukan dengan hormat. Namun begitu, anda melihatnya, anda juga harus melindungi esensi dan tradisi permainan tersebut. Tidak ada kartu biru,” kata Infantino.

Kartu biru sendiri merupakan usulan IFAB selaku lembaga yang mengatur laws of the game sepak bola. Kartu biru, berdasarkan laporan Telegraph, dimaksudkan untuk menghukum pemain yang melakukan pelanggaran tapi tidak cukup buruk untuk dihukum kartu merah, seperti duel fisik yang memotong serangan lawan, atau ketika protes berlebihan kepada wasit.

Pemain yang menerima kartu biru akan dikirim ke sin-bin, yaitu area khusus di luar lapangan bermain dan harus berdiam di sana selama 10 menit. Setelah menjalani hukuman, mereka boleh kembali bermain.

Berdasarkan rencana IFAB, masih dalam laporan Telegraph, jika pemain mendapatkan dua kartu biru dalam satu pertandingan, maka mereka akan dihukum kartu merah langsung.

Pemain juga bakal diusir keluar lapangan jika menerima satu kartu biru dan satu kartu kuning. Artinya, level kartu biru hampir setara dengan kartu kuning.

Rain Sidarta