MariKitaBaca.Id - Informasi Bangka Belitung

Simpang Katis Menjadi yang Tertinggi

pada Senin, 01 Juli 2024 22:13 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mencatat pencocokan dan penelitian (coklit ), oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih atau Pantarlih di minggu pertama pendataan sudah mencapai 60,90 persen.

BANGKA TENGAH, MARKICA - Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bangka Tengah Sabry Aryanto mengatakan, berdasarkan PKPU VII tahun 2024, juknis Nomor 799 2024 terkait pemuktahiran data pemilih sejauh ini, dari tanggal 24 hingga 30 Juni 2024 tercatat 60,90 persen.

"Rekap kami di minggu pertama ini mencatat 60,90 persen yang sudah tercoklit, dan data kecamatan yang tertinggi Simpangkatis sebesar 76 persen lebih, sedangkan untuk angka terendah minggu pertama ini ada di Kecamatan Pangkalanbaru 40 persen, dan data ini masih berjalan," ujar Senin (1/7/2024).

Lebih lanjut dikatakan Sabry, untuk kendala yang dihadapi di lapangan oleh Pantarlih, ia mengakui belum menerima laporan adanya kendala, akan tetapi tim data melakukan monitoring langsung.

"Kita lakukan monitoring, baik itu langsung datang ke desa-desa ataupun lewat zoom metting, dan melihat progresnya melalui PPS kemudian ke PPK, terakhir di kami (KPU) sehingga data itu akurat, dan kami juga menargetkan minggu kedua ini sudah selesai," terangnya.

Masih kata Sabry, terkait pendataan di wilayah perbatasan dengan kabupaten lain, KPU Bangka Tengah akan bekerjasama dengan KPU kabupaten lainnya, sehingga tidak terjadi kesalahan pendataan.

"Terkait pendataan di perbatasan, kami bersama KPU kabupaten yang berbatasan akan melakukan pendataan secara bersama-sama, seperti di perbatasan Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan, itu akan dilakukan esok hari, ini untuk menghindari terjadinya kesalahan data," pungkasnya.

Penulis: Mahesa