Putar Otak Agar Masyarakat Mau Baca Berita Bawaslu

Minggu, 07 Juli 2024 21:38 WIB | 67 kali
Putar Otak Agar Masyarakat Mau Baca Berita Bawaslu

Pilkada di depan mata, Bawaslu Bateng gelar pelatihan kearsipan dan kehumasan agar mereka mampu memberikan informasi menarik kepada masyarakat.

BANGKA TENGAH, MARKICA - Menjelang tahapan dan pelaksanaan Pilkada serentak 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar pelatihan kearsipan dan kehumasan bagi Panwaslu Kecamatan se Bangka Tengah.

Pelatihan yang dilaksanakan di Soll Marina Hotel and Conference Center sejak (4/7/24) hingga (6/7/24) ini, menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah mengatakan, kehumasan harus mampu secara kreatif dalam menyampaikan informasi, dan pengelola arsip bisa mengemas data secara baik. 

"Teknis penyebaran informasi Kehumasan sekarang harus lebih ringkas, dan mudah dipahami oleh masyarakat, sehingga masyarakat tertarik untuk membuka informasi pengawasan di Bawaslu, dan arsip perlu disimpan dengan rapi karena arsip menjadi naskah dalam pengambilan keputusan," ujarnya Sabtu (6/7/2024).

Lanjut Marhaendra, dirinya meminta bagian kehumasan agar lebih memaksimalkan kemampuan yang dimiliki, sehingga informasi yang disampaikan tentang Bawaslu dapat dipahami oleh masyarakat.

"Saat ini bagian kehumasan kita sudah bagus dan baik, dan diharapkan kedepannya menjadi lebih baik lagi, sehingga masyarakat bisa menyerap dengan baik informasi yang disampaikan," ucapnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu Bangka Tengah Muhammad Tamimi menambahkan, hasil survei menyebutkan lembaga Bawaslu memiliki angka kepercayaan publik yang tinggi. 

"Berdasarkan survei Litbang Kompas kepercayaan publik terhadap lembaga Bawaslu mencapai 74 persen, publik yang tidak percaya dengan lembaga Bawaslu 15 persen dan yang tidak mengetahui lembaga Bawaslu ada 11 persen," tuturnya.

Terpisah, Hatika juga menyampaikan bahwa Kehumasan menjadi garda terdepan dalam menyampaikan informasi, akan pelaksanaan tugas dan informasi edukatif kepada masyarakat.

"Humas ini corong Bawaslu dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, tentang kinerja pengawasan dan tahapan serta pelaksanaan Pilkada, baik itu melalui media sosial maupun media online, cetak serta elektronik," ujarnya.

Penulis: Mahesa



Yuk Bagikan :

Baca Juga