Pilkada dan Peran Penyandang Disabilitas oleh Bawaslu

Kamis, 01 Agustus 2024 18:33 WIB | 37 kali
Pilkada dan Peran Penyandang Disabilitas oleh Bawaslu

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Pangkalpinang, menggelar kegiatan yang bertema Tudung Saji Pengawasan Pemilu Partisipatif Tudung Saji.

PANGKALPINANG, MARKICA - Mereka mengajak para penyandang disabilitas untuk bersama-sama mengawasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

Anggota Komisioner Bawaslu Pangkalpinang Wahyu Saputra, dalam sambutannya mengajak bersama-sama mengawasi tahapan-tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel serta Walikota dan Wakil Walikota Pangkalpinang.

"Jadi hari ini kami mengundang para difabel agar bisa mendapatkan haknya dan dilibatkan dalam mengawasi Pilkada yang akan diselenggarakan pada November 2024 nanti," ujar Wahyu Saputra di Grand Safran Hotel Pangkalpinang, Kamis, (1/8/2024).

Ia juga menjelaskan, bahwa peran dari para kaum difabel sangat penting.

Karena mereka bisa mengecek data dari teman-teman, saudara dan keluarganya untuk dipastikan sudah terdaftar di dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Kita semua sama mempunyai hak yang sama, sama-sama mahkluk ciptaan Tuhan dan juga Warga Negara Indonesia (WNI), dan tentunya para penyandang Disabilitas ini juga mempunyai hak pilih," terangnya.

Wahyu juga menjelaskan, kegiatan ini adalah yang pertama di Provinsi Kep. Bangka Belitung, karena Tudung Saji Pengawasan Pemilu Partisipatif dari Bawaslu Kota Pangkalpinang melibatkan para kaum Difabel untuk ikut serta dalam mengawasi Pilkada 2024.

"Kegiatan Tudung Saji ini sangat istimewa, karena dalam acara ini kami melibatkan teman-teman Difabel untuk mengawal Pilkada 2024 mendatang," ungkap Wahyu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang Imam Gozali menuturkan, kegiatan Tudung Saji ini sebenarnya adalah insiatif dari kawan-kawan Difabel agar bisa memiliki hak untuk memilih di Pilkada nanti.

"Saya sebagai Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Difabel yang sangat istimewa ini, untuk mengawal hak-hak para Disabilitas agar mendapatkan hak pilihnya," ucap Imam.

"Saya juga berdoa semoga Pilkada pada bulan November 2024 mendatang berjalan dengan lancar, aman dan damai," pungkasnya.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga