Angka 13 Dipercaya Angka Sial dan Pengaruh Kristen

Rabu, 07 Februari 2024 13:48 WIB | 65 kali
Angka 13 Dipercaya Angka Sial dan Pengaruh Kristen

Mural Perjamuan Terakhir yang menampilkan Yesus dan 12 Muridnya yang menjadikannya berjumlah 13 orang. Beberapa orang percaya ini adalah tanda kesialan, karena salah satu dari tiga belas orang itu, Yudas Iskariot, adalah pengkhianat Yesus Kristus. Majalah-majalah bahasa Inggris pada awal 1980-an melakukan klaim bahwa dalam lukisan Perjamuan Terakhir itu, Yudas Iskariot dikabarkan duduk paling terakhir (ke-13)/foto: net

Angka takhayul 13 memiliki sejarah panjang yang mencapai ribuan tahun yang lalu. Banyak orang meyakini bahwa angka 13 merupakan angka sial. Bagaimana sebenarnya asal muasal angka yang tidak biasa ini, dan mengapa angka tersebut memiliki konotasi yang begitu negatif? Mari kita selidiki asal muasal angka ajaib ini.

Pythagoras, filsuf sekaligus ilmuwan dari Yunani, pernah mengatakan, “13 adalah angka yang paling misterius, karena merupakan angka transformasi.”

Ketika tanggal tiga belas jatuh pada hari Jumat, jutaan orang di seluruh dunia benar-benar merasa takut. Sebagian besar gedung melewatkan lantai tiga belas, dan tak seorang pun ingin menjadi tamu ketiga belas yang diundang ke jamuan makan malam. Mereka takut, mereka akan meninggal sebelum tahun berakhir.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh pengaruh Kristen di Dunia Barat. Menurut Injil, Yudas Iskariot adalah tamu ketiga belas pada Perjamuan Terakhir, tamu yang akhirnya mengkhianati tuannya.

Pada hari Jumat, 13 Oktober 1307, Raja Philip IV dari Perancis memerintahkan penangkapan para Ksatria Templar, yang sebagian besar akhirnya meninggal.

Kekristenan juga memberi nilai rendah atau meremehkan angka ini karena hubungannya dengan agama pagan. Misalnya, harus ada tiga belas penyihir dalam satu coven, dan contoh lainnya.

Menariknya, ada cerita Norse di mana dewa Loki tiba di urutan ke-13 di sebuah pesta di Valhalla. Di sana dia kemudian menipu peserta lain untuk membunuh dewa Baldur.

Tiga belas juga merupakan kartu kematian dalam dek tarot. Namun jauh dari tanda negatif, kartu tersebut biasanya berarti perubahan besar dalam hidup seseorang.

“Jarang sekali kartu ini benar-benar melambangkan kematian fisik, tetapi biasanya melambangkan akhir, mungkin sebuah hubungan atau minat, dan oleh karena itu meningkatkan rasa kesadaran diri,” tulis Eden Gray dalam The Complete Guide to the Tarot, 1970.

Menurut para ahli numerologi, angka 13 dianggap sangat karma, dikaitkan dengan ketuhanan.

Faktanya, banyak orang yang percaya bahwa angka 13 membawa perubahan yang seringkali membawa pandangan positif.

Contoh bagusnya adalah Taylor Swift, yang bisa dibilang artis musik wanita paling sukses dalam sejarah. 13 adalah angka keberuntungannya.

“Saya lahir pada tanggal 13. Saya berusia 13 tahun pada hari Jumat tanggal 13. Album pertama saya meraih emas dalam 13 minggu. Lagu #1 pertama saya memiliki intro berdurasi 13 detik,” kata penyanyi itu kepada MTV dalam sebuah wawancara.

Awal Baru 13

Gagasan bahwa tiga belas adalah angka perubahan, transformasi, tampaknya muncul setelah angka dua belas.

Angka dua belas telah lama dipandang dalam kebudayaan kuno sebagai representasi kelengkapan, kesempurnaan, keseluruhan, dan bahkan tatanan kosmis.

Ada dua periode dua belas jam dalam sehari, dua belas bulan lunar dalam tahun matahari, dua belas dewa Olympian, dua belas Pekerjaan Hercules, dua belas putra Yakub, dua belas suku Israel, dua belas murid Yesus, dan bahkan dua belas hari Natal. .

Namun, tersembunyi di balik apa yang disebut angka “lengkap” dua belas adalah angka yang mewakili “ketidaklengkapan”, atau sesuatu yang baru, sesuatu yang baru saja dimulai: tiga belas.

Konsep permulaan baru yang dikaitkan dengan angka tiga belas juga lazim dalam Yudaisme.

Mereka tidak memandang tiga belas sebagai angka sial, melainkan sebagai angka penting yang melambangkan permulaan baru dan keberuntungan.

Anak-anak Yahudi menjadi dewasa penuh pada usia 13 tahun (di Bar/Bat Mitzvah), bertanggung jawab untuk mematuhi semua hukum Yahudi ( mitzvoth).

Ketika Israel didirikan pada 1948, pemerintahan pertamanya mempunyai tiga belas anggota. Alasannya, para pendirinya mengatakan bahwa mereka “membutuhkan semua keberuntungan yang bisa mereka peroleh”.

Penggunaan penting Yahudi lainnya dari angka ini meliputi: 13 Atribut Hashem, 13 Prinsip Iman Yahudi menurut Maimonides, dan jumlah hari Perayaan dalam setahun di diaspora.

Selain itu, Adar II (atau bulan ke-13 pada tahun kabisat) dianggap sangat beruntung karena bulan Adar menurut tradisi adalah “bulan keberuntungan”.

Tiga belas juga dianggap beruntung di Mesir. Menurut Kathy Padden, “Orang Mesir Kuno percaya bahwa kehidupan adalah perjalanan spiritual yang berlangsung secara bertahap.

Mereka percaya bahwa 12 tahap tersebut terjadi dalam kehidupan ini, tetapi tahap terakhir, tahap ke-13, merupakan kenaikan transformatif yang menggembirakan menuju kehidupan kekal di akhirat."

"Jadi angka 13 melambangkan kematian bagi orang Mesir, tetapi bukan kematian yang melambangkan pembusukan dan ketakutan, melainkan sebagai pengakuan akan kehidupan kekal yang mulia.”

Dalam mitologi Mesir, jiwa yang meninggal harus melewati dua belas gerbang di akhirat sebelum dapat tiba di alam ketiga belas, yaitu Osiris—penguasa akhirat dan firaun mitis pertama Mesir.

Di sini jiwa diadili di hadapan Osiris dan 42 dewa, dan hati ditimbang dengan sehelai benang kebenaran.

Mark Oliver dari Ancient Origins menjelaskan apa yang terjadi pada jiwa yang murni. “Orang yang tidak bersalah dipertemukan kembali dengan bagian jiwa yang tertinggal di dalam tubuh. Mereka akan diberikan kehidupan kekal dan masuk ke surga, di mana mereka akan tinggal bersama para dewa di tanah di mana ladang tumbuh subur tanpa akhir,” tulisnya.

Angka tiga belas dengan demikian dikaitkan dengan Osiris dan kebangkitan orang mati. Ironisnya memang angka ini seperti kartu kematian.

Osiris pertama kali muncul dalam Teks Piramida – prasasti kamar mayat dari Dinasti ke-5 Kerajaan Lama, (2465-2325 SM). Ia tampil sebagai firaun pertama Mesir, dan raja pertama yang dibangkitkan dari kematian untuk hidup abadi.

Osiris adalah dewa yang “menyatu” para Firaun ketika mereka mati–untuk hidup abadi baik di bintang maupun di Ladang Aaru.

Misalnya, di kompleks Osiris di kuil kamar mayat Medinet Habu Ramses III di Luxor, kita melihat gambar Firaun sebagai Osiris di akhirat, memegang tongkat dan cambuk.

Gambaran itu menunjukkan “kebangkitan dan penobatannya di alam Osiris, Pemimpin orang-orang Barat dan Penguasa Keabadian, dewa yang paling unggul dari orang mati.

Jadi, tiga belas adalah angka yang kaya akan mitos kuno. Angka ini mewakili kebangkitan Osiris, yang wilayah keabadiannya dicapai oleh jiwa murni setelah dua belas gerbang (atau jam) kegelapan dan setan, dan pada akhirnya transformasi pribadi.

Angka 13 telah lama menjadi angka takhayul. Ada yang meyakininya sebagai angka sial, ada pula yang mempercayainya sebagai angka keberuntungan.

Sumber: nationalgeographic



Yuk Bagikan :

Baca Juga