Sukses Meluncur, Satelit Telkom Merah Putih 2 Beroperasi April

Rabu, 21 Februari 2024 10:26 WIB | 46 kali
Sukses Meluncur, Satelit Telkom Merah Putih 2 Beroperasi April

Foto: Peluncuran Satelit Merah Putih 2 dari Cape Canaveral Florida Amerika Serikat. (Tangkapan layar Spacex)

JAKARTA, MARIKITABACA.ID - Satelit Merah Putih 2 milik Telkom berhasil meluncur pada Selasa siang waktu Amerika Serikat (AS) atau 03.11 WIB Rabu pagi (21/2/2024). Rencananya satelit akan sampai ke orbit pada Maret dan mulai beroperasi April mendatang.

"Sampai di final orbit 3 Maret, melakukan in orbit butuh waktu test 3-4 minggu. Satelit Merah Putih 2 akan siap digunakan awal April 2024," kata Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, dalam Press Conference Satelit Merah Putih 2, Rabu (21/2/2024).

Merah Putih 2 akan ditempatkan pada slot orbit 113 BT atau berada di atas Kalimantan. Ketinggiannya diperkirakan 36 ribu kilometer di atas permukaan laut.

Direktur Wholesale dan International Service Telkom, Bogi Witjaksono menjelaskan tahapan satelit saat peluncuran tadi. Sekitar setengah jam sebelum peluncuran dilakukan pengisian bahan bakar dan tidak ada masalah saat tahapan tersebut.

Berikutnya dilakukan pengecekan electrical dan semua kondisinya baik. Ada beberapa hal juga dicek sebelum melakukan peluncuran.

Setelah peluncuran, roket pertama kembali ke Bumi. Tahap berikutnya, roket kedua membawa Merah Putih 2 ke orbit transisi.

Setelah sampai di sana, satelit dilepas. Berikutnya Merah Putih 2 melakukan perjalanan ke orbit akhir.

"Sampai dengan saat ini, kurang dari 30 menit setelah dilepaskan roket kedua. Sinyal bisa ditangkap Thales di Prancis," jelas Bogi.

Ririek mengatakan satelit itu diharapkan bisa membuat konektivitas broadband. Khususnya di daerah 3T dan juga wilayah laut.

"Diharapkan penyediaan konektivitas broadband lebih merata, terutama termasuk kategori 3T," ungkapnya.

Sumber: cnbcindonesia.com



Yuk Bagikan :

Baca Juga

11 Orang Unggulan Itu Lolos!
Kamis, 11 Juli 2024 19:05 WIB
Tiga Dosen UBB Dapat Hak Paten
Rabu, 03 Juli 2024 23:36 WIB