Rasain Sensasi Mie Ayam Manter, Sekte Baru Dengan Sajian Menggunakan Gami

Rabu, 07 Februari 2024 11:27 WIB | 142 kali
Rasain Sensasi Mie Ayam Manter, Sekte Baru Dengan Sajian Menggunakan Gami

Kota Pangkalpinang menawarkan sensasi kulineran yang pas untuk keluarga dengan sajian mie ayam manter dengan wadah gami. Foto: ist

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Kulineran sudah menjadi keharusan bagi wisatawan untuk menyempurnakan liburannya. Nah, jika anda sedang berkunjung ke Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ada satu menu yang wajib untuk dicoba.

Namanya Mi Ayam Manter Wadah Gami (cobek). Sekte kuliner satu ini bukan selaiknya mi ayam pada umumnya. Dilansir dari beritasatu.com, mie ayam yang satu ini memiliki keunikan, bahkan dari penyajiannya. Jika mi ayam lainnya disajikan dengan wadah mangkuk, mi ayam satu ini wadahnya menggunakan gami, dan langsung disajikan dalam kondisi masih hangat saat disantap.

Aroma rempah-rempahnya begitu khas, dan kuat, sehingga membuat aroma kudapan satu ini semakin menggugah selera, karena cita rasanya yang gurih.

"Rasanya unik, dan dari teksturnya juga kenyal. Banyak rempah-rempahnya juga, ditambah lagi dengan ceker dan bumbu lainnya. Disajikan dengan cobek yang masih panas," Kata penikmat Mi Ayam Wadah Gami, Megapurnama Sari, Jumat (2/2/2024).

Peracik mi ayam gami yang akrab disapa Mang Bewok ikut membongkar bagaimana mi ini cocok untuk kita santap bersama kekasih, atau keluarga tercinta.

Katanya, mie ayam ini berisi beragam toping, seperti daging ayam, ceker, telur dan lainnya. Cara penyajiannya, toping terlebih dahulu dimasak di atas cobek, sembari menunggu mendidih, rebus mi hingga matang agar teksturnya menjadi kenyal.

Selanjutnya, angkat mie yang direbus dan diletakkan pada wadah gami sambil dibolak-balik. Setelah matang, angkat lalu hidangkan.

"Kalau ini namanya mie ayam manter, karena memang ada wadah gaminya. Dimasak di atas kompor jadi namanya mie ayam wadah gami, kalau kita racikannya banyak rempah-rempah khas Bangka," kata Mang Bewok.

Mang Bewok mengungkapkan, setiap harinya ia memasak lebih dari 200 porsi. Penikmatnya pun datang dari berbagai daerah, karena sudah mulai viral.

Penulis: Fauzan Ahmad



Yuk Bagikan :

Baca Juga