Barista Indonesia Mikael Jasin Juara Dunia 2024

Sabtu, 04 Mei 2024 22:56 WIB | 125 kali
Barista Indonesia Mikael Jasin Juara Dunia 2024

Barista Indonesia Mikael Jasin berhasil menjadi juara dunia pada ajang World Barista Championship (WBC) 2024 di Dusan, Korea Selatan. Foto: Sprudge Coffee

MARIKITABACA.ID – Barista asal Indonesia Mikael Jasin menjadi juara dunia dalam ajang World Barista Championship (WBC) 2024 yang digelar di Busan, Korea Selatan pada 1-4 Mei 2024. Kepastian itu didapatkan, Sabtu (4/5/2024).

Mikael Jasin menyingkirkan 7 finalis lainnya yaitu Jack Simpson (Australia), Takayuki Ishitani (Jepang), Honoka Kawashima (Aotearoa/Selandia Baru), Junghwan Lim (Korea), Ian Kissick (Irlandia), dan Sjevaun Lemar Janga (Belanda).

Dikutip dari Sprudge.com, Mikael Jasin memulai persaingannya pada Rabu lalu. Ia bersaing untuk menjadi yang terbaik di dunia tahun ini dengan menghadapi 53 pesaing dari 50 negara. Kemudian, ia berhasil masuk ke babak 17 besar sebelum akhirnya masuk ke-7 besar, atau babak final.

"Ketujuh finalis layak mendapatkan mahkota, dan rasanya salah satu dari mereka bisa memenangkan semuanya. Namun pada awalnya tidak ada hasil imbang, dan pada akhirnya hari itu menjadi milik Mikael Jasin, barista juara yang mewakili Indonesia," tulis laporan Sprudge.

Mikael Jasin merupakan barista profesional. Pria kelahiran Jakarta 34 tahun ini pertama kali terjun di industri kopi pada 2012 sebagai barista di salah satu coffee shop ternama di Melbourne, Australia. Dengan pengalamannya itu, Mikael Jasin kemudian beberapa kali mengikuti ajang Indonesia Barista Championship (IBC) maupun World Barista Championship (WBC). 

Pada World Barista Championship (WBC) di Boston pada tahun 2019, Mikael Jasin yang kini memiliki dua perusahaan, yaitu So So Good Company dan Catur Coffee Company, menempati urutan ke-4 dunia. Kemudian, ia juga menempati urutan ke-7 pada tahun 2021 di Milan, dengan membawa biji kopi 100% dari Indonesia. Berkatnya kopi Indonesia bisa dikenal di kancah Internasional. 



Yuk Bagikan :

Baca Juga