Super Bowl Jadi Media Promosi Super Megah, Siap Rogoh Kocek 100 Milyar Untuk 30 Detik Pasang Iklan Di Event Ini

Kamis, 15 Februari 2024 15:20 WIB | 72 kali
Super Bowl Jadi Media Promosi Super Megah, Siap Rogoh Kocek 100 Milyar Untuk 30 Detik Pasang Iklan Di Event Ini

Event Super Bowl dari stadion, menjadi final pertandingan paling ditunggu setiap tahunnya di Amerika serikat dengan jumlah penonton di stadion dan televisi paling fantastis (WinChimps).

MARIKITABACA.ID – Belum lama ini, gelaran American football yang mempertemukan Kansas City Chiefs versus San Francisco 49ers terhelat di event terbesar jagat sepak bola amerika, Super Bowl National Football League. Kansas City Chiefs yang bermain militan menang tipis dengan skor 25-22 dalam pertandingan babak puncak yang di gelar di Las Vegas (11/02) lalu.

Pertandingan super megah itu nyatanya bukan hanya menarik perhatian penonton di stadion, Nielsen.com membeberkan, diperkirakan 123,7 juta pemirsa menyaksikan langsung pertandingan itu di televisi. Angka tersebut tentunya sangat fantastis untuk sebuah pertandingan tahunan, belum lagi fakta bahwa angka tersebut adalah rekor yang mereka pecahkan sendiri dari edisi tahun sebelumnya.
 
Menurut estimasi rata-rata jumlah pemirsa dari Nielsen, laga puncak itu mendapat angka 120,3 juta penonton di saluran CBS saja, menjadikannya jumlah penonton terbesar untuk siaran televisi satu jaringan hingga saat ini. Sementara sebanyak 2,3 juta pemirsa menonton siaran berbahasa Spanyol di Univision, dan 1,2 juta orang menonton siaran ramah anak di Nickelodeon dan Nick-at-Nite.
 
Jumlah penonton sebanyak itu tentu saja membuat event Super Bowl menjadi sangat komersil, beberapa sumber bahkan menyebut iklan pada laga final itu sebagai tayangan iklan televisi paling eksklusif di dunia. Dilansir dari sbnation.com, pengiklan harus siap merogoh kocek senilai 7 juta dollar US atau sekitar 109 milyar rupiah untuk iklan berdurasi 30 detik. Nilai itu tentu sepadan untuk sebuah iklan yang akan disaksikan lebih dari 123 juta orang.

Bukan hanya soal efektivitas, iklan pada Super Bowl juga memiliki faktor lain yang membuatnya menjadi terkenal, di antaranya brand yang menggunakan super bowl untuk beriklan akan mendapat prestise sebagai brand papan atas dengan kepercayaan tinggi. Selain itu, iklan dengan spot putar sebelum, jeda, dan usai pertandingan itu juga menjadi ajang bagi brand ternama untuk unjuk kreativitas, sebab produksi iklan yang tentunya juga tidak murah itu akan menjadi tontonan bagi ratusan juta pemirsa di Amerika serikat dan mancanegara. Iklan dengan produksi paling kreatif tentunya akan mudah diingat dan mendapat kesan dari ratusan juta pemirsa yang menyaksikan.

Meski demikian, tidak banyak brand yang sanggup bertengger di timeline iklan Super Bowl, selain karena harganya yang fantastis, spot iklan di Super Bowl nyatanya sangat cepat terisi penuh. Untuk tahun 2024 ini, beberapa perusahaan yang mampu membayar harga itu diantaranya perusahaan milik mantan orang terkaya di dunia yakni Microsoft, kemudian Google dengan iklan Google Pixel terbarunya, perusahaan otomotif KIA dan VW yang mengiklankan kendaraan listrik mereka, hingga sejumlah franchise besar seperti Marvel hingga NASA.

Beberapa faktor diatas serta siapa saja yang mengisi slotnya tentu saja membuat Super Bowl menjadi media promosi paling megah di dunia, bahkan dari New York Time Square sekalipun. Platform iklan televisi paling ditunggu itu bahkan selalu menjadi tren ketika penayangannya. Wajar bila beberapa sumber menyebutkan hingga hari ini Super Bowl tetap menjadi event olahraga dengan jeda iklan terbaik di dunia.


Diolah dari berbagai sumber.
Penulis : Deka Febrian.



Yuk Bagikan :

Baca Juga

NDX Berhasil Ambyarkan Ribuan Penonton
Jum'at, 24 Mei 2024 23:52 WIB
NDX Siap Ambyarkan GOR Sahabuddin
Sabtu, 18 Mei 2024 01:57 WIB