Bank SumselBabel, Bank Korup?

Rabu, 12 Juni 2024 15:31 WIB | 696 kali
Bank SumselBabel, Bank Korup?

Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kejati Babel) saat ini sedang menyelidiki kasus dugaan kredit bermasalah di Bank Sumsel Babel (BSB) sebesar Rp 21 miliar.

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Bank Sumsel Babel memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada atas nama sekitar 430 debitur dengan nilai total sekitar Rp 21 miliar dalam kurun waktu tahun 2022-2023.

Dalam penelusuran, kredit tersebut diduga kuat fiktif lantaran tidak sesuai peruntukan dan uang hasil pengajuan kredit yang dicairkan Bank Sumsel Babel diduga kuat tidak diterima debitur, namun diduga ke oknum petinggi PT HKL.

Tim penyidik Kejati Babel saat ini sudah memanggil dan memeriksa beberapa pihak terkait dalam kasus dugaan kredit fiktif tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejati Babel Basuki Rahadjo mengatakan, sejumlah petinggi Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang sudah dipanggil dan dijadwalkan Kejati Babel untuk diperiksa pada Senin, 10 Juni 2024. Namun, tak satu pun yang hadir memenuhi panggilan tersebut.

"Diagendakan pada hari Senin 10 Juni 2024 kemarin bang, tapi dari pihak Bank Sumsel Babel minta ditunda dan dijadwalkan besok Kamis 13 Juni 2024," ujar Basuki Rahardjo ke awak media via Whatsapp, Rabu (12/6/2024).

Lanjutnya, hari ini pun ada dua pejabat Bank Sumsel Babel Pangkalpinang yang diperiksa, yaitu Account Officer (AO) dan
Penyelia.

"lya bang, hari ini ada dua orang yang diperiksa, satu Account Officer dan satu lagi Penyelia," imbuhnya.

Basuki juga membenarkan bahwa nanti Kepala Cabang Bank Sumsel Babel
Pangkalpinang akan dipanggil dan diperiksa.

"Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Benny Maryanto alias Bento, sudah dijadwalkan penyidik Kejati Babel untuk diperiksa besok," ungkap Basuki.

Sementara itu, saat berita ini dinaikkan Kepala Cabang Bank Sumsel Babel saat dikonfirmasi awak media ini via pesan Whatsapp tidak merespon dan terkesan memilih bungkam.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga

"Tumbal" Tambang Tembelok Itu Omong Kosong
Rabu, 09 Oktober 2024 12:23 WIB
Ada Mafia Tanah di Bekas Koba Tin?
Jum'at, 20 September 2024 17:57 WIB
Jessica Wongso Bebas!
Minggu, 18 Agustus 2024 03:27 WIB