Ribuan Bibit Mangrove di Pantai Terentang

Jum'at, 09 Agustus 2024 16:52 WIB | 47 kali
Ribuan Bibit Mangrove di Pantai Terentang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bangka Tengah dan BPBD Provinsi Bangka Belitung serta penggiat mangrove Bangka Tengah, melakukan penanaman bibit mangrove di sepanjang Pantai Terentang, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.

BANGKA TENGAH, MARKICA - "Penanaman 1.000 bibit mangrove yang kami lakukan di pesisir pantai itu, tujuannya untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi, dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada di Bangka Tengah," ujar Kepala BPBD Bangka Tengah Yudi Sabara, Kamis (8/8/2024) kemarin.

Dikatakan Yudi, selain mengembangkan habitat hutan Mangrove, dan menjaga ekosistem laut serta pesisir pantai, sehingga kelestarian Mangrove tetap terjaga.

 "Alhamdulillah kegiatan ini juga mendapat dukungan penggiat Mangrove Bangka Tengah Yazir Munjang, dan mahasiswa KKN," ucapnya.

Lanjut Yudi, selain di Pantai Terentang, penanaman mangrove ini sebelum sudah pernah dilakukan di Pantai Penyak, dan ini akan berlanjut di Pantai Arung Dalam, dan Pantai Batu Beriga Lubuk Besar.

"Penanaman ini akan kita lanjutkan di Pantai Arung Dalam, dan Pantai Beriga lubuk Besar, sehingga kelestarian Mangrove terus terjaga dengan baik," tuturnya.

Sementara itu penggiat Mangrove Kabupaten Bangka Tengah Yasir Munjang menyebutkan, agar proses pelestarian alam ini tidak hanya dilakukan di awal fase penanaman semata, tetapi dilanjutkan dengan perawatan demi hasil yang maksimal.

"Yang paling penting setelah ditanam dilakukan perawatan, dipantau, dan dirawat, sehingga betul-betul semuanya hidup. Jangan hidupnya hanya ketika ditanam tapi kemudian mati. Semuanya harus dirawat dan dipelihara," pungkasnya.

Penulis: Mahesa



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB