Ingin Pantau Surat Suara? Begini Alur Kertasnya

Selasa, 13 Februari 2024 14:50 WIB | 42 kali
Ingin Pantau Surat Suara? Begini Alur Kertasnya

Pelepasan logistik Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang/foto: Dion

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Selasa (13/2/2024).

Pendistribusian logistik dari Gudang KPUD Pangkalpinang ini menggunakan truk, dan akan disebarkan ke seluruh 42 kelurahan yang ada di wilayah itu. Pendistribusian sendiri dilakukan dalam dua tahap.

Pada tahap pertama, pendistribusian dilakukan ke 17 kelurahan di 7 kecamatan, yakni Kecamatan Girimaya, Bukit Intan, dan Gerunggang menggunakan 15 unit truk.

"Di tahap kedua nanti di 25 kelurahan lainnya di 4 kecamatan, yakni Pangkalbalam, Gabek, Taman Sari, dan Rangkui langsung sebanyak 16 truk," ungkap Ketua KPUD Kota Pangkalpinang Sobarian, disela-sela pelepasan.

"Estimasi pembongkaran/loading ke kelurahan selama satu sampai dua jam," ujarnya.

Sobarian melanjutkan, setibanya di kelurahan, maka keesokan harinya, 14 Februari 2023 dimulai sekira pukul 04.00 WIB logistik didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dengan sistem penjemputan oleh PPS masing-masing di kelurahan.

"Proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 WIB setelah PPS diambil sumpah, dan berita acara penyerahan logistik. Selanjutnya proses pencoblosan hingga selesai di pukul 13.00 WIB, lalu penghitungan suara," jelas Sobarian.

Setelah selesai penghitungan, kemudian logistik dari PPS kembali lagi ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga selesai penghitungan dilanjutkan lagi ke KPUD.

Menanggapi proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 ini, Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang Lusje Anneke mengatakan, distribusi ke seluruh kelurahan ini dikawal ketat oleh Polri dan TNI.

"Kami berharap Pemilu di Kota Pangkalpinang ini berjalan aman dan lancar hingga selesai," tukas Lusje.

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat di Pangkalpinang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) guna menyampaikan hak pilihnya, karena satu suara menentukan masa depan bangsa dan negara.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB