Bawaslu Babel Mulai Bicara Pilkada 2024

Minggu, 24 Maret 2024 00:18 WIB | 52 kali
Bawaslu Babel Mulai Bicara Pilkada 2024

Kegiatan konsolidasi media yang dilakukan Bawaslu Babel menghadapi Pilkada 2024/foto: Dion

PANGKALPINANG, MARIKITABACA.ID - Dalam rangka desiminasi informasi pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia menyelenggarakan acara “Konsolidasi Media dalam Rangka Penguatan Pemberitaan pada Pemilihan Serentak Tahun 2024” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (23/3/2024) di Esenbu Cafe & Resto Desa Padang Baru Provinsi Kep. Bangka Belitung (Babel).

Ketua Bawaslu Bangka Belitung (Babel) EM Osykar mengatakan, kegiatan hari itu merupakan kegiatan awal dalam mengonsolidasikan di jajaran media terkait pemberitaan yang nanti ke depannya akan banyak bermunculan, terutama pada pesta demokrasi pemilihan serentak 2024 yang mana diketahui Pemilu serta pemilihan serentak tetap digelar tanggal 27 November 2024, dilaksanakan di tujuh kabupaten/kota dan, di tingkat provinsi juga terkait pemilihan Gubernur.

"Hari ini Bawaslu RI datang ke Bangka Belitung, untuk menggagas kegiatan awal ini. Kami berharap juga kegiatan ini merupakan bentuk silaturahmi serta penguatan untuk keberlanjutan ke depannya dalam hal bermitra, sebagaimana kita ketahui Bawaslu tidak dapat bekerja sendiri terutama dalam hal menginformasikan terkait pemberitaan nanti selama tahapan pada pemilihan serentak 2024," ujar Ketua Bawaslu Babel EM Osykar.

Lanjutnya, untuk saat ini kita harus menyamakan persepsi bahwa pesta demokrasi khususnya pemilihan serentak ini memang akan berbeda dengan Pemilu serentak, dalam hal ini Nasional. 

"Banyak hal nanti yang akan kita hadapi, terutama terkait beberapa calon serta kandidat yang kemungkinan akan hadir dan muncul menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dalam yang akan muncul sebagai kandidat," ungkapnya.

"Kita berharap dengan munculnya para calon serta kandidat kepala daerah tersebut, masyarakat bisa mengawal demokrasi ini agar berjalan dengan sukses, aman dan lancar," imbuhnya.

Osykar juga menambahkan, Bawaslu Babel juga mendapatkan apresiasi dari Bawaslu RI, terbukti di tingkat nasional Bangka Belitung meraih 3 penghargaan. Pertama sebagai Humas terbaik, kedua pemberitaan terbaik dan juga mitra-mitra teman-teman media terbaik untuk provinsi dan juga di kabupaten/kota.

"Ini semangat kami untuk bekerja lebih giat lagi lebih maksimal lagi dalam pemilihan serentak, setidaknya Pemilu serentak kemarin di Babel sudah menjadi cermin bahwa kondisinya aman dan lancar," ucapnya.

"Kami juga berharap teman-teman media selain sebagai penyampai informasi juga sebagai cooling system, karena dengan pemberitaan yang menyejukkan bisa menjaga keamanan ketertiban di masyarakat," pungkas EM Osykar.

Penulis: Dion



Yuk Bagikan :

Baca Juga

Jangan "Main Api" di Keranggan-Tembelok
Jum'at, 11 Oktober 2024 00:06 WIB
Aset Aon Kembali Diintai
Kamis, 05 September 2024 22:16 WIB
Timgab Buktikan Omongannya
Selasa, 03 September 2024 21:30 WIB