Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Opsi Kiper Timnas Indonesia Bertambah

Kamis, 21 Maret 2024 14:04 WIB | 64 kali
Cyrus Margono Resmi Jadi WNI, Opsi Kiper Timnas Indonesia Bertambah

Kiper Cyrus Margono mencium bendera Merah Putih usai pembacaan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (21/3). Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar.

JAKARTA, MARIKITABACA.ID – Satu lagi pesepak bola keturunan yang sah sebagai warga negara Indonesia (WNI). Ia adalah Cyrus Margono, setelah menjalani prosesi pengambilan sumpah, di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Cyrus yang hadir bersama sang ayah, Johan Margono, tiba di Kanwil Kemenkumham Jakarta pada pukul 8.15 WIB. Kemudian, sekitar pukul 9.00 WIB dilaksanakan pengambilan sumpah WNI, setelah dibacakan Keppres tentang pengangkatan WNI.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap kiper berusia 22 tahun mengikuti ucapan Kepala Kanwil Ibnu Chuldun, sebagaimana dikutip dari okezone.

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945," ucap pemain berpostur 191 cm itu.

"Dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh, serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya, dengan tulus, dan ikhlas," lanjutnya.

Cyrus Margono tidak akan menjalani proses natiralisasi karena ia menjadi WNI melalui jalur SKIM (Surat Keterangan Keimigrasian), karena pernah melepas status WNI-nya. Ayahnya adalah asli Indonesia, sedangkan ibu dari Iran.

Saat ini Cyrus Margono tercatat sebagai pemain klub divisi 2 Liga Yunani Panathinakos B. Cyrus sudah bermain 17 kali, dan membukukan 3 cleensheat sejak bergabung pada 2021.

Kehadiran Cyrus Margono semakin memperkaya pilihan pelatih di posisi kiper. Selain sudah memiliki beberapa pemain lokal seperti Nadeo Argawinata, dan juga Ernando Ari sebagai langganan Timnas, tidak lama lagi Indonesia akan kedatangan kiper naturalisasi lainnya, yaitu Marteen Paes yang kini bermain di klub MLS, Dallas FC.

Rain Sidarta



Yuk Bagikan :

Baca Juga

SBC Selindung Juara PSL 2024 tanpa Terkalahkan
Minggu, 15 September 2024 12:03 WIB
Jalan Panjang Persipas untuk Kembali Disegani
Senin, 19 Agustus 2024 19:37 WIB
Yasir Munjang Menang tanpa Mampu Dilawan
Minggu, 16 Juni 2024 13:40 WIB