Sejarah Barbie, Dicintai hingga Jadi Simbol Seks

Rabu, 13 Maret 2024 23:05 WIB | 500 kali
Sejarah Barbie, Dicintai hingga Jadi Simbol Seks

MARIKITABACA.ID - Film Barbie telah rilis di Indonesia sejak 19 Juli 2023. Penayangan boneka mode di layar bioskop ini sangat mencuri perhatian penonton. Tapi tahukah Anda kisah di balik sejarah barbie?

Barbie adalah gagasan dari Ruth Handler, salah satu pendiri bersama suaminya Elliot dari perusahaan mainan Mattel, Inc. Pada bulan Maret 1959, beka bernama 'Barbie' diluncurkan ke pasar mainan Amerika, mengenakan pakaian renang bergaris hitam-putih, bibir merah cemberut, dan kuncir kuda pirang.

Ruth Handler dan Elliot terinspirasi dengan menonton putri mereka bermain dengan boneka kertas wanita dewasa, Handler menyadari ada peluang yang tidak terisi di pasar mainan yang memungkinkan gadis kecil membayangkan masa depan.

Sosok boneka mode pertama berbahan plastik berkaki 11 inci, mempunyai nama lengkap: Barbara Millicent Roberts. Dia adalah boneka mainan yang diproduksi secara massal pertama di AS dengan fitur dewasa. Barbie pun menjadi salah satu mainan paling ikonik dalam sejarah.

Penampilan Barbie dimodelkan setelah boneka bernama Bild Lilli, yang terinspirasi dari karakter komik Jerman. Awalnya dipasarkan sebagai hadiah lelucon ‘cabul’ yang bisa dibeli pria di toko tembakau, boneka Lilli kemudian menjadi sangat populer di kalangan anak-anak. Mattel membeli hak atas Lilli, dan Handler membuat versinya sendiri. 

Selama beberapa dekade ke depan, Barbie terus berevolusi mengikuti perubahan zaman. Boneka Barbie pertama diluncurkan di American Toy Fair di New York City. Ulang tahun resmi Barbie adalah 9 Maret 1959, hari dia secara resmi diperkenalkan ke dunia.

Handler selalu melihat Barbie sebagai cerminan zaman, dengan boneka pertama yang meniru kemewahan bintang tahun 1950-an seperti Elizabeth Taylor dan Marilyn Monroe. Pada tahun pertamanya, 300.000 boneka Barbie terjual.

Selama keberadaannya, sejarah Barbie telah memiliki lebih dari 250 karier. Di antaranya dari dokter, ahli paleontologi, bintang rock hingga insinyur komputer dan masih banyak lagi.

Pacar, Teman dan Keluarga Barbie

Pacar lama Barbie, Ken Carson, diperkenalkan dua tahun setelah Barbie pada tahun 1961. Ken dinamai menurut nama putra Ruth Handler.

Untuk menangkal kritik bahwa Barbie hanyalah simbol seks, Mattel memberinya seorang sahabat, Midge Hadley, yang diperkenalkan pada tahun 1963. Setahun kemudian, mereka memberinya seorang adik perempuan bernama Skipper Roberts.

Pada tahun 1967, supermodel Twiggy menjadi selebritas pertama yang memiliki boneka Barbie yang mirip dengannya. Cher, Audrey Hepburn, Diana Ross, dan JK Rowling untuk beberapa nama bergabung dengan jajaran Barbie selebriti.

Selanjutnya, Barbie Afrika-Amerika dan Latin diperkenalkan yang resmi dibuat pada tahun 1980, bersama Barbie Latina. Pada tahun yang sama melihat yang pertama dari lebih dari 40 Barbie internasional yang berbeda dirilis hingga saat ini.

Andy Warhol Melukis Barbie

Mengingat daya tarik lama Andy Warhol dengan bintang-bintang ikonik seperti Jackie Kennedy, Marilyn Monroe, dan Elvis Presley, tidak mengherankan jika artis Pop itu berhasil menggambarkan Barbie.

Inspirasi untuk lukisannya tahun 1986 datang dari persahabatannya yang lama dengan seorang desainer perhiasan, yang kebetulan adalah seorang kolektor Barbie yang rajin dengan puluhan ribu boneka.

Ketika Warhol diminta untuk melukis potret sang desainer. Hampir 20 tahun kemudian, Mattel membalas budi, mengeluarkan koleksi Barbie bertema Andy Warhol. 

Barbie dan Ken Putus

Di tengah rentetan putusnya selebritas terkenal, Barbie dan Ken membuat berita mereka sendiri pada tahun 2004 mereka putus dan lebih baik bereman. Namun, setelah tujuh tahun berpisah, Barbie dan Ken bersatu kembali.

Ella, 'Barbie Kemo' Pertama

Untuk membantu gadis-gadis muda penderita kanker, Mattel menghasilkan seorang teman Barbie yang botak bernama Ella. Diproduksi pertama kali pada tahun 2012, dibuat hanya dalam jumlah terbatas dan didistribusikan langsung ke rumah sakit. Menanggapi petisi dari ibu pasien kanker, Mattel setuju pada tahun 2014 untuk memproduksi lebih banyak Ella Barbie.

Barbie Merangkul Keberagaman

Sempat menuai kontroversi karena tidak secara akurat mencerminkan keragaman wanita, Mattel mengatasi kritik tersebut dengan memperkenalkan Barbie Fashionista pada 2016. Mereka datang dalam empat tipe tubuh, tujuh warna kulit, 22 warna mata, dan 24 gaya rambut.

Pada tahun 2018, Mattel merilis koleksi "Wanita Inspirasi" baru yang menampilkan tiga wanita pembuat terobosan dan sejarah yaitu Amelia Earhart, Frida Kahlo, dan Katherine Johnson.

Earhart adalah wanita pertama yang terbang sendirian melintasi Samudra Atlantik, dan orang pertama yang terbang sendirian dari Hawaii ke daratan AS. Kahlo bukan hanya seorang pelukis yang menginspirasi dan dicintai, dia adalah seorang aktivis yang terus memengaruhi gerakan perempuan saat ini.

Johnson adalah seorang fisikawan, ilmuwan luar angkasa, dan matematikawan di Langley Center NASA yang dianugerahi Presidential Medal of Freedom pada tahun 2015 oleh Presiden Barack Obama. Dia memberikan kalkulasi untuk penerbangan bersejarah pertama Alan Shepherd ke luar angkasa, terobosan orbit bumi John Glenn, dan lintasan pendaratan Apollo 11 di bulan.

Pada 2019, tahun yang menandai peringatan 60 tahun Barbie, Mattel merilis tipe tubuh Barbie baru yang menampilkan payudara yang lebih kecil, pinggang yang tidak terlalu tegas, dan lengan yang lebih tegas. Penambahan itu menjadi bagian sejarah boneka Barbie yang menampilkan susunan bentuk tubuh yang lebih umum.

Penulis: Hanny Nur Fadhilah | National Geographic



Yuk Bagikan :

Baca Juga