Ini Dia 5 Kudapan Berbuka Puasa Favorit Selama Ramadan 2024, Nomor Satu Ternyata Bukan Kurma

Kamis, 14 Maret 2024 10:59 WIB | 83 kali
Ini Dia 5 Kudapan Berbuka Puasa Favorit Selama Ramadan 2024, Nomor Satu Ternyata Bukan Kurma

Ilustrasi opor ayam. Foto: net

MARIKITABACA.ID - Bagi umat muslim yang menunaikan ibadah puasa pada bulan Ramadan, salah satu yang dinantikan yakni waktunya berbuka setelah seharian beraktivitas, menahan lapar dan haus. Biasanya beragam hidangan lezat pun kerap disajikan. Ada banyak pilihan makanan yang memanjakan lidah. 

Ada sejumlah makanan yang juga menjadi favorit selama bulan Ramadan, seperti kurma hingga hidangan berat seperti ketupat. Selain itu, ada juga hidangan manis seperti kolak dan es campur yang menyegarkan.

Setiap keluarga di suatu wilayah mungkin memiliki makanan favoritnya masing-masing. Namun, berdasarkan hasil riset TGM Indonesia Ramadhan Insight 2024, setidaknya ada lima makanan yang menjadi favorit selama Ramadan.

Berikut lima makanan favorit selama Ramadan 2024

1. Opor Ayam
Berdasarkan data yang disadur dari TGM Indonesia Ramadhan Insight 2024, opor ayam bercokol di posisi teratas sebagai hidangan Ramadan yang paling disukai di Indonesia. Survei ini dilakukan pada 1-22 Februari 2024 dengan melibatkan 2.900 responden berusia 18-40 tahun lebih. Survei ini menggunakan metode wawancara internet (CAWI).

Opor ayam memang sering menjadi hidangan favorit saat Ramadan dan Idulfitri di Indonesia. Dengan kuah santan kental yang gurih, daging ayam yang lembut, serta paduan bumbu rempah-rempah yang kaya, opor ayam menjadi makanan yang sangat cocok disajikan bersama ketupat atau nasi hangat.

Kesegaran dan kelezatannya memberikan kehangatan di momen berkumpul bersama keluarga dan teman-teman saat berbuka puasa atau merayakan hari raya.

2. Rendang
Rendang juga sangat populer dan menjadi salah satu hidangan favorit selama Ramadan. Dalam survei ini, rendang menempati posisi kedua. Berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, rendang dikenal dengan cita rasanya yang kaya akan rempah-rempah, teksturnya yang unik, dan proses memasaknya yang lama hingga daging menjadi sangat empuk dan bumbu meresap sempurna.

Daging sapi yang dimasak dengan santan dan aneka rempah seperti serai, daun kunyit, lengkuas, dan cabai, menjadikan rendang memiliki rasa yang kuat dan aroma yang menggugah selera. Rendang tidak hanya disajikan saat Ramadhan atau Idul Fitri, tetapi juga pada berbagai acara adat dan penting lainnya.

3. Kolak
Pada urutan ketiga untuk makanan paling disukai selama Ramadan ada kolak. Ini termasuk hidangan manis yang juga menjadi favorit di bulan Ramadan. Makanan ini terbuat dari pisang, ubi, kacang hijau, dan kadang-kadang biji salak, direbus dalam santan dan gula. Ini adalah hidangan takjil yang cocok banget untuk membatalkan puasa.

4. Ketupat
Ketupat juga masuk dalam makanan favorit selama Ramadan. Ketupat merupakan makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun kelapa muda, dan dikukus hingga masak. Makanan ini memang sangat identik dengan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri di banyak wilayah di Indonesia. Ketupat biasanya disajikan sebagai pengganti nasi, dan sangat populer sebagai pelengkap hidangan khas lebaran seperti opor ayam, rendang, sambal goreng ati, dan lain-lain. Teksturnya yang unik dan cara penyajiannya yang khas menjadikan ketupat simbol dari tradisi dan kebersamaan.

5. Kurma
Buah yang disunahkan untuk dijadikan sebagai pembuka puasa ini justru menempati posisi kelima sebagai makanan yang paling disukai selama Ramadan. Kurma menjadi salah satu makanan yang sangat identik dengan bulan Ramadan. Ini merupakan buah yang sangat disukai untuk berbuka puasa sebelum makanan lain dikonsumsi. Dalam tradisi Islam, berbuka puasa dengan kurma dianggap sunah, mengikuti contoh Nabi Muhammad SAW.

Kurma kaya akan nutrisi, seperti gula alami, serat, vitamin, dan mineral, yang dapat memberikan energi cepat, dan membantu mengembalikan kadar gula darah setelah sehari penuh berpuasa. Selain itu, kurma juga mudah dicerna, sehingga cocok untuk makanan pertama yang masuk ke dalam perut setelah berpuasa.

Itulah lima makanan favorit selama Ramadan berdasarkan hasil survei TGM. Tentunya hasil di atas hanya beberapa contoh dari makanan favorit yang sering dinikmati selama bulan Ramadan di Indonesia. Daerah-daerah tertentu mungkin memiliki variasi makanan yang berbeda-beda.

Penulis : Fauzan Ahmad



Yuk Bagikan :

Baca Juga